• MA NEGERI KUTAI BARAT
  • Berakhlak Mulia dan Berprestasi

Pelaksanaan P5RA Awal Tahun di MAN Kutai BARAT

Kamis (29/02), Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kutai Barat menyelenggarakan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan lil 'Alamin (P5RA) di lingkungan madrasah. Kegiatan P5RA ini mengusung tema “Bangunlah Jiwa dan Raga! Stop Bullying, Jalin Komunikasi dan Selamatkan Generasi”.

Untuk diketahui, kegiatan P5RA merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar. Proyek ini dilakukan untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila dan sebagai pelajar yang rahmatan lil 'alamin.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Madrasah Aliyah Negeri Kutai Barat, Sri Wahyuni, S.Pd menyampaikan sambutan sekaligus membuka rangkaian kegiatan P5RA. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa kegiatan P5RA saat ini adalah ketiga kalinya dilaksanakan setelah berjalannya Kurikulum Merdeka selama kurang lebih dua tahun.

Kegiatan P5RA yang dilaksanakan sebelumnya adalah kegiatan pembinaan dan pelaksaan Badan Amil Zakat Fitrah di Madrasah yang melibattkan guru dan siswa dan kegiatan kolaborasi lintas mata Pelajaran dalam pembuatan Briket Arang.

Hadir di Tengah-tengah acara Kepala MTs Negeri Kutai Barat, Sofi Ismi Rahmawati, S.Pd, Ketua Komite MAN Kutai Barat, Tajuddin, S.Ag., perwakilan kantor Kementerian Agama  Kabupaten Kutai Barat serta perwakilan dari Kantor Cabang Bank Syariah Indonesia (BSI) Sendawar dan Kantor Cabang Bankaltimtara Sendawar.

Kegiatan yang dilaksanakan di lapangan MAN Kutai Barat ini dirangkai dengan pembukaan formal dengan menyertakan hiburan berupa tayangan Jingle MAN Kubar dan berbagai penampilan siswa seperti persembahan Tari Dayak, Atraksi Silat dan Vocal Group.

Selain itu, kegiatan ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk berwirausaha melalui kegiatan bazar setiap kelas yang dihadiri oleh Guru, Siswa dan masyarakat sekitar serta orangtua dan wali siswa MAN Kutai Barat. Di samping itu, kegiatan ini juga dirangkai dengan penampilan drama masing-masing kelas dengan  tema bullying sebagai representasi penolakan tindakan bullying tersebut. 

Rinaldi Novrian, S.Pd selaku Ketua Panitia menyampaikan apresiasinya terhadap terselenggaranya kegiatan P5RA ini. Ia menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasinya terutama kepada anak-anak siswa/i MAN Kutai Barat, karena telah berkontribusi dalam menyiapkan penampilan-penampilan serta bazar yang menarik.

Senada dengan hal tersebut, Koordinator Seksi Acara, Yuli Ariani, S.Pd juga menyampaikan apresiasi atas kerja samanya dalam pelaksanaan acara. “Semoga kegiatan selanjutnya lebih baik lagi, dan semoga semakin solid dan kompak dalam memajukan madrasah kita,” katanya.(Admin/IM)

Komentar

Mantab terus berkarya dan maju MAN KUBAR

Semakin keren MAN Kutai Barat Luar biasa

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
MAN Kubar Melaksanakan Upacara Bendera Memperingati Hardiknas Tahun 2024

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024, Madrasah Aliyah Negeri Kutai Barat melaksanakan upacara bendera, berdasarkan Pedoman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, R

02/05/2024 20:05 - Oleh Administrator - Dilihat 397 kali
Juara 1 Duta Generasi Berencana Tingkat Kabupaten Kutai Barat, Abdusy Syakur: Doa Kedua Orang Tua Saya

Selasa (30/04/2024), Najwah Nor Hafizhah (XI-1) dan Abdusy Syakur (XI-1) didampingi Pembina Ekstrakulikuler PIK-R (Pusat Informasi Konseling Remaja) MAN Kutai Barat, Indriastuti Tr

30/04/2024 20:45 - Oleh Administrator - Dilihat 335 kali